Minggu, 23 Juli 2017

Bermain sambil belajar, day 4

Wah.. Setiap hari jadi menemukan momen aahaaa... Disini ada matematika, disitu juga ada.. Wah banyaknya.  Saat jaga galon, gantiin yang biasa jaga lagi sholat dhuzur, juga ada momen alyssa mengenal berhitung.. Yah, gak jauh-jauh karena lagi jaga kasir, jadi hitungnya pakai media uang deh, tetapi kali ini uang koin biar alyssa mudah menghitungnya. 

Tanpa alyssa sadari, sejatinya alyssa sedang belajar berhitung πŸ˜πŸ˜…. Belajar matematika itu asik, ini yang mesti diresapi oleh alyssaku.

Setelah jaga kasir selesai, alyssa lanjut makan siang, kali ini makan siangnya penuh drama banget, maunya sambil nonton, ditambah berurai air mata 😩😱. Setelah makan siang selesai alyssa minta bermain "cap-cap", bahasa alyssa.. πŸ˜… artinya bermain fun-doh (fun colors), ya kalau dulu saya punya namanya lilin-lilinan, bisa dibentuk dan berwarna-warni, tetapi sekarang dikemas lebih menarik. Alyssa sendiri yang memilih mainan ini, bisa jadi media belajar juga nih "fun-doh" nya, saya buat berbeda ukuran, bentuk sama panjang tetapi ada yang pendek dan panjang, lalu saya bilang "mana ya de, yang paling panjang?", alyssa menunjuk warna biru sambil senyam-senyum πŸ˜…. "wah ya betul sekali, kalau yang paling pendek yang mana yah?" tanya saya kembali. "ini" sambil pegang warna merah, "wah benar lagi" lalu gak lama, alyssa siap potong-potong menjadi beberapa bagian. Simple tetapi mulai memahami perbedaan ukuran suatu benda. Yah, bermain sambil belajar asik banget yah de.. Mamanya juga jadi banyak ide berseliweran πŸ˜†πŸ˜….


Setelah sholat magrib, alyssa langsung sibuk dengan mainan warnanya..
"Gak capek-capek de"πŸ˜…πŸ˜πŸ˜‚
Tiba-tiba taaaraaa.... Ada pengelompokkan warna nih dimainan alyssa, lanjut belajar matematika logis ah.. 😁
Ya, permainan ini sebenarnya masih jauh untuk umur alyssa yang baru 2 tahun, alyssa dulu membelinya karena dengan permainan warna bisa membentuk gambar jika dirangkai, dan sewaktu dipajang ditoko mainan bergambar "kupu-kupu", jadi alyssa minta mainan yang ini, perlu pengawasan orang tua saat memainkan permainan ini, karena memiliki komponen-komponen yang kecil. Ya, karena alyssa belum bisa membentuk gambar, jadi kali ini alyssa belajar mengenal warna dan menghimpun warna yang sama dalam suatu urutan kelompok tersebut. 
Belum bisa menyebutkan warna apa, tetapi alyssa sudah bisa mengikuti instruksi untuk mengelompokkan warna-warna tersebut. Bagi anak kinestetik, bergerak dan belajar itu menarik, jadi alyssa lebih mudah diarahkan. πŸ˜ŠπŸ˜€


#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunsayIip
#ILoveMath
#MathAroundUs


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Zona Newstime Minggu Ke-2

Zona N Minggu kedua,  kami akan mengadakan selebrasi cluster. Wah.. kira-kira selebrasi mau dibuat gimana ya? Jujur, Minggu ini saya jarang ...