"suara apa itu ma?" tanya alyssa mendengar suara dari mesjid
"itu suara lagi marhabanan de, coba yah" karena saya lagi makan, sedangkan ayah sudah selesai makan.
Ayah lalu melantunkan "ya nabi..salam alaika..sholawattuh alaika"
Alyssa memperhatikan dengan seksama. Alyssa sudah bisa membedakan suara orang mengaji atau adzan, tetapi suara marhaban di malam jumat, alyssa biasanya menanyakan hal tersebut, ketemunya jarang ya de, hanya malam jumat.
Saat saya ngaji, alyssa menghampiri, "lagi apa ma?"
"lagi ngaji de, alyssa mau ngaji juga?" tanya saya kembali
"ya" alyssa mulai membolak-balikan halaman al quran, kalau sudah begini, mamanya gak jadi ngaji deh π
π, ini antara alyssa maunya jadi fokus utama, karena kalau ngaji mamanya fokus dulu ke al quran. π.
Ranah inter personal (hubungan sesama), alyssa bisa kuat menahan ngantuk walaupun mata sudah 5 watt ππ, ada mas bayu harusnya sih dipanggil om bayu, cuman karena baru umur 10 tahun, anaknya gak mau dipanggil om π
. Alyssa main ditenda, sempet nonton bareng dan pas mas bayu sudah keluar kamar, baru deh alyssa tidur. Mata sudah gak kuat π΄π΄π΄
Foto : saat alyssa nonton bareng sama mas bayu, mata dikuat-kuatin dulu π΄π, foto diambil 5 menit sebelum alyssa tidur π΄π΄
πproject hari ini adalah bermain matematika Logis
✔ ide project datang tiba-tiba saat alyssa sedang mengacak-acak jepitan jemuran baju yang berwarna-warni, ini baru beli semalam jadi alyssa sibuk membuka bungkusan plastik dan mencopotnya satu-satu, karena memiliki 4 warna yang berbeda, sekalian kita belajar matematika logis untuk melihat afektif, psikomotorik dan kognitif
✔informasi yang saya berikan ke alyssa "ayo de, kita kumpulkan warna-warna yang sama dalam satu kotak"
✔awal project, alyssa sempet diusilin sama ante ayu, yah jepitan bajunya dijepit ke baju alyssa. Respon alyssa, berusaha membuka jepitan baju, tidak ada emosi dalam hal ini (afektif alyssa bagus)
✔saya ambil satu persatu jepitan baju dan ditunjukkan ke alyssa, alyssa mulai menaruh ditempat yang sesuai warnanya.
Kognitif alyssa bagus dan psikomotorik bekerja karena belajar sambil memindahkan masing-masing jepitan baju
πhasil pengamatan : alyssa tidak marah saat diusilin ante ayu, informasi yang diberikan untuk mengelompokkan warna jepitan baju diterima alyssa dengan baik. Alhamdulillah seorang anak kinestetik memiliki energi yang luar biasa untuk psikomotorik.
Foto : saat ante ayu mulai usil sama alyssa π
π
Foto : alyssa tampak antusias untuk mencocokan warna yang sama.
#Tantangan10Hari
#Level7
#KuliahBunsayIIP
#BintangKeluarga
#SemuaAnakAdalahBintang
#IIP
#BundaSayang
Tidak ada komentar:
Posting Komentar