Sabtu, 19 Agustus 2017

Semua anak adalah bintang, day 3

Game level 7
"SEMUA ANAK ADALAH BINTANG"

Tantangan kali ini, membuat saya menyadari bahwa saya selalu dibanding-bandingkan, bisa dengan adik sendiri atau orang lain. Ya, PR Berat saya adalah berdamai dengan masa lalu, menerima kelemahan orang tua saya dalam mendidik saya, memahami bahwa dibandingkan itu amat sangat tidak enak 😩😭, bahkan sampai sekarang saya masih suka dibandingkan 😭😭, ya dengan tekad yang kuat dan saya tidak mau anak saya mengalami hal yang sama seperti saya "kamu adalah bintang nak, kamu bintang terindah yang diberikan oleh Allah SWT" saya juga masih harus melewati rasanya minder dan gak spesial dengan melejitkan potensi diri. Bismillah. Rasanya meleleh hati ini kalau setiap saat bisa saja saya dibandingkan 😭😓, kuatkan ya rab, agar saya bisa menorehkan visi misi saya di dunia dan mencapai tujuan utama di akhirat. Aamiin.

Melownya sudah dulu yah.. Saatnya berbenah hati dan pikiran, menjaga setiap ucapan dan tindakan agar saya tidak membandingkan anak saya dengan anak yang lain. Orang lain dengan mudahnya membandingkan alyssa, karena alyssa memiliki postur tubuh yang kecil seusianya, padahal kalau sudah besar gak akan ada yang sama, ada yang gendut, kurus, langsing, pendek, tetapi kenapa dokter atau orang lain menginginkan hal yang sama untuk anak usia bayi sampai balita. Ah..cukup sudah.. 😁😅 Alyssa memang "imoet", tetapi bukan berarti tak bertambah, alyssa itu bertambah tinggi, berat badannya menyesuaikan tinggi badannya, mamanya aja naik berat badan susah 😂😅.

Game level 7, hari 3.
Saya mengajak alyssa memindahkan bola dari tempat satu ke tempat yang lain. Dengan bermain, anak akan berbinar-binar sekaligus melatih 3 aspek berikut ini :
1. Afektif (EQ)
Alyssa membawa bola dengan mainan menyerupai saringan ikan, sedangkan saya yang menemani bermain dengan sendok mainan besar. Saat bola tersebut jatuh, alyssa langsung menguber bola dan mengambilnya kembali lalu diletakkan dikeranjang yang alyssa sudah pilih sebelumnya. Ya, kemampuan Afektif (EQ) alyssa dapat terlihat, apakah alyssa akan marah saat bola tersebut jatuh atau tetap tenang dengan mengambilnya kembali. Alyssa berhasil dalam tahapan ini. Good job, de. 😘



2. Psikomotorik (skill)
Alyssa bergerak mengambil bola dan berjalan untuk menaruh bola tersebut, kemampuan skill alyssa teruji. Kalau masalah psikomotorik, alyssa menurut saya paling kuat, walaupun hari ini sedang kurang fit, tetapi tidak mengurangi keaktifan alyssa. Ya kinestetik banget, diem saat tidur aja 😂😅. Kemampuan psikomotorik berhasil. Good job, de. 😘



3. Kognitif (IQ)
Sebelum bermain, saya arahkan peraturan permainannya, bahwa bola satu persatu dibawa menuju tempat yang telah disediakan. Alyssa sudah menunjuk keranjang warna hijau, sedangkan saya warna pink. Alyssa mengikuti instruksi permainan, membawa dengan alat dan menaruhnya kembali sampai bola tersebut habis. 😘

Bermain membuat mata seorang anak berbinar-binar. Ya, 3 aspek dapat diamati sekaligus, besok kita cari project yang lain ya de. Sehat terus anak mama.. 😘😚

#Tantangan10Hari
#Level7
#KuliahBunsayIIP
#BintangKeluarga
#SemuaAnakAdalahBintang
#IIP
#BundaSayang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Zona Newstime Minggu Ke-2

Zona N Minggu kedua,  kami akan mengadakan selebrasi cluster. Wah.. kira-kira selebrasi mau dibuat gimana ya? Jujur, Minggu ini saya jarang ...